Tempat tutorial blogging pemula,

Friday, April 08, 2016

Cara Melakukan Teknik Optimasi Seo OffPage Pada Blog

1 comment :
Ada banyak orang yang baru memulai blog dan banyak lagi yang menjalankan situs mereka sendiri untuk sementara waktu yang tidak tahu apa itu SEO dan bagaimana menerapkanya. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimasation dimana anda membangun halaman web anda dan menerapkan teknik-teknik tertentu, untuk membantu anda mendapatkan peringkat tertinggi di halaman pertama hasil mesin pencari. Semakin tinggi peringkat halaman anda di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya, semakin banyak lalu lintas ke blog anda yang akan anda dapatkan. Sebab orang lebih menyukai klik pada halaman mesin pencari.
Seo Offpage pada Blogs
SEO OffPage
Sekarang saya akan menjelaskan tentang SEO dan di bagi menjadi dua kategori SEO OnPage dan SEO OffPage.

On Page SEO mengacu pada semua hal-hal yang anda terapkan di website anda untuk membantu mengoptimalkan peringkat halaman anda di mesin pencari. Seperti :
  • Judul halaman dan deskripsi.
  • Link internal.
  • Meta Tag.
  • Verifikasi blog ke Google webmaster.
  • Optimasi gambar menggunakan ALT dan masih banyak lagi.
Baca: cara melakukan optimasi seo onpage pada blogger

Off-Page SEO tidak seperti halam On Page SEO, off-page SEO mengacu pada semua hal-hal di luar website anda untuk membantu peringkat tertinggi halaman anda. Di antaranya adalah:
  • Jaringan media sosial.
  • Link building.
  • pengiriman artikel
  • Bergabung ke forum pembahasan blog dan masih banyak lagi. 
Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan pentingnya dan manfaat serta pengertian teknik Off-Page SEO dan beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan peringkat halaman anda di Search Engine.


1. Pengertian SEO Off-Page

SEO Off-Page adalah sesuatu hal yang kita lakukkan di luar website kita. Anda hanya melakukan optimasi dengan cara mempromosikan blog/ website anda dengan cara mencari backlink. Jadi pengertianya adalah melakukan backlink dan promosi kesitus yang menyediakan jasa untuk memperkenalkan situs kita ke search engine seperti Google, bing, yahoo dan masih banyak lagi. jika dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan yang baik juga.

2. Mengapa SEO Off-Page Penting?

Search engine telah mencoba selama beberapa dekade untuk menemukan cara untuk mengembalikan hasil yang terbaik untuk mesin pencarian mereka. Seperti yang saya jelaskan di atas adalah beberapa faktor yang harus kita lakukan untuk mengoptimalkan situs kita. Mereka akan memperhitungankan SEO On-page dan Off-Page SEO kita layak atau tidak untuk halaman pertama mereka.

Off-page SEO memberi mereka indikasi yang sangat baik tentang bagaimana dunia (situs-situs lain dan penguna) melihat situs web tertentu. Sebuah situs web yang berguna adalah lebih mungkin untuk memiliki referensi link dari situs-situs lain. Itu lebih mungkin untuk menyebutkan di media sosial seperti Like Facebook, tweet, Pins, +1 Google plus dan sebagainya, dan itu lebih mungkin di bookmark untuk berbagi di komunitas pengguna mereka.

3. Apa manfaat SEO Off-Page untuk pemilik website?

Jika kita sukses dalam melakukan teknik optimasi SEO Off-Page akan menghasilkan manfaat yang luar biasa di antaranya:

Meningkatkan peringkat - Situs kita akan mendapatkan peringkat yang baik di halaman mesin pencari bahkan bisa mencapai peringkat nomer 1 Search engine dan ini akan membuat lebih besar lalu lintas dalam blog kita.

Baca: cara meningkatkan traffic blog untuk pemula

Meningkatkan pagerank - Page rank yang bagus adalah angka dari 0 sampai 10 yang menunjukan pentingnya sebuah website di mata Google. Ini adalah sistem yang diciptakan oleh larry Page( salah satu pendiri Google) dan salah satu alasan bahwa Google sangat sukses dalam menunjukkan hasil yang relevan di hasil mesin pencari. 

Masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dan sekarang saya akan menjelaskan beberapa cara untuk melakukan strategi SEO Off-Page pada blog sebagai berikut:

Cara optimasi seo Off-Page dengan promosi

Menurut saya pribadi cara ini yang paling mudah dan praktis. Kita hanya mempromosikan blog atau url postingan yang baru di update. Semisal bila anda mempunyai produk dagangan untuk dijual apa yang anda lakukan agar produk anda laku? Tentu mempromosikan ke orang-orang bukan? Agar laku terjual, sama halnya blog juga perlu melakukan promosi gunanya agar banyak pengunjung yang datang dengan cara melalui :
  • Sosial media : gunakan sosial media semacam facebook, google+, twitter, intsgram dan semacamnya. Cara ini paling mudah dan ampuh untuk meningkatkan trafik pengunjung, serta memperbanyak followers dengan begitu visitor menjadi banyak.
  • Forum Diskusi : Daftarkan diri anda ke forum online dan jawab setiap ada orang yang bertanya dan sisipkan link blog anda,sesuai dengan pertanyaan tersebut. 

Mencari backlink

Apa sih backlink itu? Backlink adalah sebuah hubungan dari situs ke situs lain berupa umpan balik. Berbicara soal backlink, perlu anda perhatikan adalah kualitas backlink bukan sekadar banyaknya backlink. Memang bagus kalau mendapatkan banyak backlink itu karena kita telah sukses melakukkan optimasi SEO Off-page. Tapi apakah backlink jutaan yang anda dapat itu berkualitas? kalau iya beruntung sekali karena waktu online anda tidak sia-sia.

Mengirimkan situs ke Webmaster

Mesin pencari akan menemukan situs anda dengan sendirinya, tetapi akan memakan waktu cukup lama. Untuk mempercepat pengindekskan, anda harus mengirim peta situs anda ke mesin pencari paling populer seperti Google, Bing, Yandex dan sebagainya.

Baca: cara mendaftar dan verifikasi blog ke bing webmasters

Bergabung dalam Forum online

Cari forum online yang berhubungan dengan niche situs blog anda. Membalas theard, menjawab pertanyaan pengunjung, menawarkan nasihat dan sebagainya. Itu semua akan membantu untuk membangun reputasi anda sebagai seseorang yang ahli dalam niche itu. Cobalah menggunakan Do-Follow forum sehingga anda dapat menyertakan link ke situs anda yang akan membantu mesin pencari menjelajahi situs anda.

Berkomentar di blog lain

Mengirim komentar pada blog lain dalam niche yang sama seperti situs anda, yang memungkinkan anda untuk menambahkan link di bagian komentar. Link ini kemudian dapat dijelajahi oleh mesin pencari, membantu mengarahakan mereka ke situs anda. Blog ini sering disebut sebagai blog Dofollow sama seperti masuk dalam komunitas forum.

Social Bookmarking

Social bookmarking adalah cara lain memperomosikan website anda. Mengirimkan posting blog terbaru anda dan halaman ke situs bookmarking paling populer seperti Digg, Kaskus, Reddit dan lain-lain. Situs mereka setiap harinya selalu ada yang baru. Jadi, anda harus berhati-hati dalam dalam memperomosikan posting blog anda dan anda harus menguasai benar apa yang anda tulis tersebut.

Sharing Photo

Jika anda sering menggunakan foto anda sendiri atau gambar dalam situs anda, maka anda dapat berbagi pada banyak situs berbagi foto seperti Flickr, Picasa, Photo bucket dan lain-lain. Orang lain akan dapat melihat dan mengomentari foto anda dan dapat mengikuti ke dalam situs anda.

Membuat Video

Sama seperti foto, jika anda memiliki video yang telah anda buat dan digunakan di situs anda, maka anda dapat menguploadnya ke dalam youtube, Vimeo dan lain sebagainya memungkinkan orang lain menemukan konten anda dengan cara lain.

Jawab pertanyaan

Anda dapat berpartisipasi aktif dalam memjawab pertanyaan dari situs seperti yahoo answer. Dengan menjawab dan mengajukan pertanyaan yang relevan dengan niche situs anda, anda membantu untuk membangun reputasi anda sebagai ahli dibidang yang anda pilih. Anda dapat meninggalkan link ke website anda sehingga orang dapat dengan mudah menemukan situs anda. Jika tidak SPAM, ini adalah cara lain untuk meningkatkan popularitas link anda.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan tentang cara seo offpage semoga bermanfaat bagi kita semua. amien

1 comment :

  1. saya juga sudah mencoba berbagai teknik seo dari backlink seo on page dll dan memang terbukti ada visitor ampe dibawah 15k/hari tetapi kok stagnan terus dan mungkin bisa minta saran lain agar trafik bisa naik lagi dan salam kenal dari admin - 2dua.com

    ReplyDelete