Tempat tutorial blogging pemula,

Wednesday, March 16, 2016

Cara Memasang Rel Canonical Pada Blog

8 comments :
Kali ini saya menulis artikel tentang cara memasang rel canonical di dalam template blogger, dan akan menjelaskan tentang rel canonical kepada anda. Rel Canonical adalah tag link dalam header dari dokumen HTML yang memberitahukan mesin pencari lokasi pilihan dari Url tersebut. Link Canonical bertujuan untuk memberi intruksi kepada robot search engine untuk mencegah masalah terjadinya duplikat konten/ artikel yang sama dalam sebuah posting.
cara memasang link canonical di dalam blog
Duplicate content
Jika blog anda memiliki konten yang identik atau yang sangat mirip yang dapat diakses melalui beberapa URL, memasang rel canonical ini memberi anda kontrol lebih besar atas URL yang di kembalikan dalam hasil pencarian. Hal ini juga membantu memastikan bahwa properti seperti popularitas link dikonsolidasikan ke versi anda.


Bagaimana Rel Canonical bekerja?


Maka saya akan menunjukkan cara kerja link canonical kita ambil contoh dari postingan saya ini. Alamat Posting saya memiliki URL seperti ini:


Ketika seseorang berkomentar di postingan ini, anda akan mendapatkan URL untuk komentar sebagai berikut;

https://rohenk11.blogspot.com/2016/04/cara-mendapatkan-google-api-key.html?showComment=1464196568136#c9130685967325858173

Url comment mengarah ke halaman web yang sama. Jadi, mesin pencari akan mengenali post dan comment sebagai duplicate konten. Untuk mencegah terjadinya duplikat konten kita dapat menempatkan link canonical di header blog anda, yang akan memberitahukan mesin pencari ke versi anda. 
Contoh: 
<link rel= 'canonical' href= 'http://rohenk11.blogspot.com/rel-canonical.html' />

Maka dari itu kita harus memasang atau menambahkan code canonical tersebut di dalam template anda secara manual. Terkecuali bila anda menggunakan template hasil download anda tidak perlu menambahkanya, biasanya sudah terpasang. Manfaat canonical tentu saja untuk membuat template anda menjadi lebih SEO friendly.

Bagi anda yang ingin tahu cara memasang link canonical ikuti intruksi di bawah ini;

Langkah menempatkan link canonical di blogger


Pertama-tama anda masuk dasbhoard blog anda sendiri. Lanjut dengan mengklik Template>>Edit Html.

Kemudian cari kode <b:include data='blog' name='all-head-content' /> bila sudah ketemu anda hapus kode tersebut, dan anda ganti kode yang dihapus tadi dengan kode dibawah ini.
    <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />
    Kemudian pastekan sesudah kode <head>. Terakhir simpan template anda.

    Link canonical diatas sudah didukung oleh mesin pencari seperti: Google, Bing, Yahoo dan sebagainya. Menggunakan link canonical dengan benar adalah cara yang baik untuk meningkatkan SEO blog anda.

    Baca: cara memasang meta tag seo friendly pada blogger

    Semoga artikel ini membantu anda dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

    8 comments :