Tempat tutorial blogging pemula,

Saturday, May 07, 2016

Cara Memperbaiki Struktur Data Webmaster Tools

8 comments :
Cara Memperbaiki Struktur Data Webmaster Tools pada blog kita sendiri itu memang hal wajib. Agar membuat blog kita menjadi seo dan bagus di mata search engine. Selain itu merupakan salah satu syarat agar website atau blog kita cepat terindex, jadi kalau anda seorang blogger wajib hukumnya melakukan pengecekkan dan memperbaiki struktur data blog anda. Sebenarnya berbicara tentang strukur data bukan hal baru. Tapi karena kita yang baru bermain dalam blog mesti paham atau tahu apa itu strukur data pada blog kita. Anda tidak mau bukan, karena ada salah satu yang eror menjadi penghambat terindexnya blog anda.

Masalah yang paling umum di temukan kesalahan pada blog adalah eror url image, date modified, date published, author dan mainentyofPage itu yang sering terjadi. Kalau kita tidak sampai memperbaiki atau membiarkanya maka google tidak dapat memahami isi konten pada halaman anda. Sebab itu anda perlu perbaiki agar membantu mesin pencari mengenali situs anda dengan pencarian mereka dan dapat membantu situs anda cepat terindex.

Nah, yang jadi pertanyaan apa saja yang meski di siapkan agar postingan kita bisa memenuhi struktur data. Maka dari itu saya membuat postingan ini untuk membantu anda untuk memecahkan masalah ini. Tapi sebelumnya anda harus cek blog anda dulu agar mengetahui kesalahan apa saja yang ada di dalam situs anda.

Baca: cara melakukan penyorotan data pada google webmaster

Silahkan anda buka https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/. Masukan alamat blog anda lanjut dengan AMBIL&VALIDASI maka, akan terlihat seperti  gambar di bawah ini.
Memperbaiki error struktur data webmaster
structur data testing tool
Biasanya yang eror ada di bagian BlogPosting agar punya anda valid seperti gambar di atas punya saya silahkan ikuti tutorial di bawah ini dengan hati-hati karena agak ribet dalam memperbaikinya, jadi saya harapkan jangan terburu-buru.

Cara mengatasi error pada Image, Publisher, dan MainentityfPage


1. Mengatasi Error MainentityofPage

Pertema-tama anda login ke dalam dasbhoard blog anda, lalu klik Template>>Edit Html. Anda cari kode <b;includable id='post' >..</b;inclidable> lalu anda buka dan kemudian cari kode seperti ini.

 <article class='post hentry' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Anda copy kde di bawah dan pastekan tepat setelah kode di bawahnya kde di atas.

<div itemType='https://schema.org/WebPage' itemprop='mainEntityOfPage' itemscope='itemscope'/>


2. Mengatasi Error Image

Untuk error image anda copy kode di bawah ini dan kemudian pastekan kode berikut tepat dibawahnya.

<b:if cond='data:post.firstImageUrl'>
<div itemprop='image' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'>
  <meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='url'/>
  <meta content='700' itemprop='width'/>
  <meta content='700' itemprop='height'/>
  </div></b:if>
  <div itemprop='publisher' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/Organization'>

3. Mengatasi Error Publisher

Sama dengan yang di atas anda copy dan pastekan kode berikut tepat dibawah kode di atas.

 <div itemprop='logo' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'>
      <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYy2MrBEjHdpxTfHSh6zUcb5lcbiqzwhjeH2K1w7X8j59TUEjx3ajAabsNh9cCG54LyIL1qztGk9FpXHhYdjwSjtJzqMsmVHZjwQW1RTm9PI0JJTr-HRmlO2Ar1GYRY_vYAIANG3cLPmpq/s1600/rohenk.png' itemprop='url'/>
      <meta content='600' itemprop='width'/>
      <meta content='600' itemprop='height'/>
    </div>
    <meta expr:content='data:blog.title' itemprop='name'/>
  </div>

NOTE Mengatasi Error Publisher : Anda ganti tulisan berwarna biru dengan URL blog anda.

Catatan:
Kode di atas tentang mengatasi error mainentityofPage, image dan publisher harus berurutan seperti yang saya tulis diatas.

4. Mengatasi Error Headline

Cara mengatasi eror Headline, anda cari kode di bawah ini:

<h1 class='post-title entry-title' itemprop='name'>

Anda ganti tulisan warna biru name menjadi headline.
Note:
kode h1 class, h2 class h3 class biasanya lebih dari satu tergantung template anda, jadi tugas anda rubah tulisan "name" menjadi "headline" yang anda di Post.

5. Mengatasi Error author

Mengatasi error author, anda cari kode kurang lebih seperti ini.

 <div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSnippet(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
</div>
 <b:else/>

Kemudian anda copy kode dibawah ini dan paste kode berikut pas di tengah-tengah kode <data:post.body/> dan </div>.

<!-- hCard"author" Start --> <span class='post-author vcard'> <b:if cond='data:top.showAuthor'> <data:top.authorLabel/> <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'> <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'> <meta expr:content='data:post.authorProfileUrl' itemprop='url'/> <a class='g-profile' expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'> <span itemprop='name'><data:post.author/></span> </a> </span> <b:else/> <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'> <span itemprop='name'><data:post.author/></span> </span> </b:if> </b:if> </span> <!-- hCard"author" End -->

Note:
Kerena setiap template berbeda jadi, anda coba pasang setiap pada kode <data:post.body/> sampai tidak terjadi error lagi.

6. Mengatasi Error date Published & date Modified


Untuk eror date published dan dateModified, anda cari kode berikut;

<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>

Langkah yang harus anda lakukan menambahkan kode berikut <span itemprop='dateModified'> </span> diawal dan diakhiri kode diatas. Maka hasilnya akan menjadi seperti ini.

<span itemprop='dateModified'> <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a></span>

Setelah selasai simpan template anda.

cara melakukan optimasi seo onpage pada blogspot

Setelah langkah di atas selesai waktunya anda selesaikan tahap terakhir, yaitu mengkonfirmasikan date publisher dan modified agar tidak error, caranya sebagai berikut:
  • Pergi ke dalam dashboard blog anda.
  • Lalu klik "Pengaturan" dan pilih" bahasa dan penformatan".
  • Ubah setelan time seperti dalam gambar ini.
    Cara memperbaiki struktur data webmaster
    Halaman penelusuran
  • Simpan.
  • Terakhir masuk ke "Tata letak" dan klik "edit posting blog" lalu rubah seperti gambar di bawah ini.
    Cara memperbaiki struktur data webmaster
    halaman tata letak
Langkah selanjutnya tinggal anda cek kembali blog anda, saya berharap semoga tidak ada kesalahan lagi dan kalau ada pun silahkan berkomentar insyaallah saya bisa membantu. Sekian dulu artikel yang bisa saya jelaskan kurang lebihnya saya mohon maaf.

8 comments :

  1. Thanks gan berkat artikel ini struktur data tidak error lagi di website saya https://spacexzone.com/

    ReplyDelete
  2. saya menemukan artikel ini di search engin google dan sangat membantu saya dalam mengatasi permasalahan yang ada pada webmaster milik blog pakdereview. terimakasih banyak bantuannya

    ReplyDelete
  3. Untuk mengatasi outhor tidak perlu edit html bisa sembuh. Tinggal centang saja misal Ditulis oleh enjoymaning. Caranya masuk tata letak.klik edit posting blog trus tinggal centang...

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah sudah coba di tempatku https://marketingapartmenttamansariiswara.blogspot.co.id/ akhirnya sudah tidak ada error lagi. terimakasih banyak.

    ReplyDelete