Tempat tutorial blogging pemula,

Wednesday, May 11, 2016

Memahami Kegunaan Dan Manfaatnya Google Webmaster

No comments :
Memahami Kegunaan Dan Manfaatnya Google Webmaster- Google webmaster adalah salah satu tools atau fitur yang diberikan oleh google dalam memudahkan para pemilik web/blog untuk mengamati top search keyword, domination keywords, indeks blog serta masalah-masalah lainya seperti broken link, crawl error dan dupikat konten. Dengan Google webmaster, kita bisa mengamati tentang pergerakkan dan aktifitas situs kita dalam mesin pencari. Tentunya Google webmaster ini sangat berguna dan bermanfaat bagi para pemula maupun para master. Fitur atau tools yang terdapat didalamnya bisa kita gunakkan bila anda sudah mendaftarkan blog anda di sana.
memahami kegunaan dan manfaat google webmaster
Webmaster

Nah, saya akan menguraikan tentang apa itu Webmaster dan manfaatnya?  Sebagai berikut penjelasanya.

Apa itu google webmaster?

Google webmaster membantu anda untuk mendapatkan informasi tentang cara google merayapi blog anda, mengindeks dan masalah yang terdapat dalam blog kita. Dan anda dapat gunakan tool di dalamnya untuk memaksimalkan kinerja blog anda, di mesin pencari google. Agar blog anda cepat terindex di search engine.

Berikut beberapa manfaat mendaftarkan blog ke Google webmaster.

1. Memberi fasilitas konfigurasi

Fasilitas konfigurasi memungkinkan kita untuk mengatur target geografis sesuai tujuan, URL parameter, sitelinks, pengaturan penguna webmaster, dan lain-lainnya.

2. Memberi informasi tentang kesehatan situs

- Dapat mengetahui kesalahan perayapan oleh google.
- Mengetahui seberapa banyak url yang sudah terindex.
- Mengetahui URL yang dicekal karena salah seting robot text.
- Mengetahui rusak link yang terdapat di postingan.
- Mengetahui terjadinya duplicate content.
- Mengetahui kesalahan struktur data dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan kualitas dan pagerank blog

Google webmaster juga mendukung upaya situs dalam meningkatkan pergerakan pagerank. Kita bisa melakukkan upaya tersebut melalui penyempurnaan HTML dengan menghapus link yang rusak, duplikat konten, duplikat meta description dan memperbaiki judul tag yang hilang.

Baca: cara meningkatkan traffic blog untuk pemula

4. Mengetahui lalu lintas kunjungan pada blog

Kita bisa mengetahui blog apa saja yang ngelink ke blog kita beserta halaman yang tertaut dari blog tersebut serta seberapa banyak link yang masuk. Di kueri penulusuran kita bisa tahu dengan kata kunci apa saja pengunjung masuk ke blog kita, dan halaman yang paling banyak dikunjungi. Selain itu kita akan mengetahui berapa banyak link internal dalam blog kita yang sudah di klik pengunjung.

5. Mengoptimalkan blog/website

Menurut saya disinilah letak manfaat utama dari google webmaster. Disini kita bisa tahu berapa halaman yang sudah terindek oleh google, dan kita dapat menghapus link rusak terdapat dalam blog kita disini. Kata kunci konten penting artinya buat blog, semakin panjang dengan variasi kata kunci yang beragam semakin tinggi peluang google mengindeks halaman blog.
Bagi anda yang ingin melakukkan aktifitas SEO untuk blog atau website anda, maka pastikan anda mengunakkan google webmaster agar lebih maksimal.

Sekian dulu artikel yang bisa saya jelaskan tentang manfaat google webmaster mohon maaf bila ada yang kurang dalam penjelasan tutorial di atas. 

No comments :

Post a Comment