Tempat tutorial blogging pemula,

Saturday, June 04, 2016

Cara Membuat Read More Pada Blogger Tanpa Javascript

No comments :
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat read more otomatis pada template default blogger. Seperti yang anda tahu di dalam template asli blogger tulisan kita seluruhnya akan terlihat ketika membuka homepage atau beranda situs kita. Maka dari itu dalam posting saya ini, anda akan tahu apa manfaat read more untuk blog anda. Sebelum melanjutkan ke dalam tutorial saya akan menjelasankan sedikit tentang read more.
Membuat Read More tanpa Javascript

Read more atau bisa di artikan dalam bahasa indonesia baca selengkapnya, adalah untuk mempersingkat posting dalam blog anda. Jadi yang akan terlihat hanya link judul dan beberapa deskripsi yang ada dalam posting blog anda.

Banyak blogger yang memanfaatkan fitur ini dalam blog mereka, agar terlihat rapi dan bisa menampilkan beberapa posting di halaman utama. Jadi manfaat read more dalam blog sangat penting bagi anda untuk membuat halaman link yang singkat, sehingga pengunjung menjadi penasaran dan akan mengklik untuk melanjutkan membaca posting tersebut.

Dalam membuatnya cukup mudah anda hanya menambahkan script di dalam template anda dan tidak sampai memakan waktu lebih dari lima menit. Berikut lankah-langkah untuk membuatnya:

Cara memasang Read More pada template default blogger


Pertama-tama yang harus anda lakukan masuk dalam dasbhoard blog anda, setelah dalam dasbhoard blog klik Template pilih Edit HTML.

Setelah itu anda cari kode seperti ini <b:includable id='post' var='post'>...</b:includable> kalau sudah ketemu anda buka kode di atas.

Setelah anda buka maka akan telihat beberapa kode script langkah selanjutnya, cari kode ini <data:post.body/> kalau sudah ketemu hapus kode tersebut dan ganti dengan kode di bawah ini.

<b:switch var = 'data:blog.pageType' >
<b:case value = 'item' />
        <data:post.body/>
<b:case value = 'static_page' />
        <data:post.body/>
<b:default/>
      <data:post.snippet/>
</b:switch>
Jika sudah simpan template anda dan review lihat hasilnya.

Catatan:
Jangan khawatir bila tidak berfungsi, script di atas sudah saya uji coba dan berhasil 100% work, untuk membuktikanya anda lihat beranda blog saya ini, juga menggunakan script di atas.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang baru membuat blog dan ingin membuat tampilan blog anda rapi, selamat berkarya.

No comments :

Post a Comment