Tempat tutorial blogging pemula,

Sunday, March 06, 2016

Cara Memasang Meta Description Tag Heading Dan Title Tag

No comments :
Cara memasang Tag Title, Meta Description dan Tag Heading di blog adalah salah satu trick SEO yang paling banyak di gunakan dan di manfaatkan oleh Blogger. Setiap posting yang baru kita buat harus mempunyai taq heading, title tag maupun meta description, agar membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain, mengenali artikel yang kita publikasikan. Seperti yang kita ketahui, membuat situs berada di posisi pertama haruslah revelansi. Jadi tiga hal di atas adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan revelansi situs di mata search engine.

Maka dari itu saya menulis artikel ini, untuk membantu anda untuk memahami fungsi dan manfaat dari memasang title tag, meta description dan tag heading di dalam blog. Berikut pengertian dan kegunaan dari penerapan meta tag, heading dan title.


Meta Description atau deskripsi adalah kata-kata singkat atau gambaran yang menjelaskan tentang isi halaman dalam posting atau Judul blog yang tampil di halaman Search Engine.

Title Tag adalah indentitas judul posting atau nama blog dan Search Engine menggunakan title tag untuk mengetahui penekanan kata kunci yang anda incar pada halaman blog anda. Jadi, kegunaan title tag yaitu untuk mendapatkan rangking situs yang lebih baik, dan pastikan bahwa title tag harus relevan dengan tema blog anda.

Tag heading adalah sebuah code HTML yang berfungsi untuk mengubah tulisan. Tag heading biasa di gunakan untuk membuat judul atau document. Maka penerapan Tag heading H1 sampai H6 sangat di sarankan agar di terapkan pada blog atau website, gunanya untuk memaksimalkan hasil pencarian. maka dari itu, dalam penerapan tag heading harus berurutan dari H1 sampai H6 dan jangan di acak.

Baca: cara memasang meta tag seo friendly pada blogger

Setelah anda memahami pengertian dari ke tiganya yang saya jelaskan di atas, maka saya akan memberikan tutorial cara penerapan yang benar pada blog anda. Untuk mempersingkat waktu mari ikuti tahap demi tahap yang saya bagikan di bawah ini sebagai berikut:

Cara memasang Meta description, tag tittle dan tag heading


1. Meta Description

Poin pertama yang dapat meningkatkan trafik halaman anda adalah meta description. Meta description ini saya bagi menjadi 2 yaitu deskripsi untuk HomePage dan halaman posting.

A. Deskripsi pada homepage

Pertama-tama anda masuk dalam dasbhoard blog anda, setelah di dalam dasbhoard klik setting>>preferensi penulusuran>>meta taq.

Kemudian anda klik ya dan isi dengan deskripsi atau gambaran yang relevan atau sesuai dengan isi blog anda. Minimal mengisi deskripsi 160 karakter kata kunci blog anda. Jangan lupa untuk menyimpannya.
Cara memasang tag title,meta taq description dan tag heading pada blog
Halaman deskripsi


B. memasang meta description pada artikel.


Setelah mengaktifkan meta descriptioan pada dasbhoard blog anda, maka akan terbuka tools baru di sebelah kanan saat anda akan membuat posting blog baru.
Untuk memaksimalkan kinerja meta deskripsi blog anda, maka anda harus mengisi kotak Search Desription sesuai dengan isi deskripsi tentang apa artikel anda tersebut sebelum di publikasikan.
Cara memasang meta tag description title tag dan tag heading pada blog
Mengisi deskripsi

2. Title Tag


Untuk meningkatkan revelansi judul blog anda di Search Engine, anda dapat memasang title tag di bawah ini sebagai berikut:

Pertama anda masuk dalam dasbhoard blog anda lalu, klik Template>> Edit Html kemudian anda cari kode di bawah ini.
<title><b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'></title>
    Bila sudah ketemu anda hapus kode tersebut dan anda ganti dengan kode di bawah ini:
     <title><b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
    <data:blog.title/>
    <b:else/>
    <data:blog.pageName/>
    </b:if>
    </title>
    Kalau sudah di ganti simpan template anda.


      3.Taq Heading


      Untuk mengatur tag heading sangat mudah, karena cukup merubah edit metode penulisan yang ada dalam tools saat membuat posting baru. Untuk judul posting memakai Heading sub judul sub heading lihat gambar.
      Cara memasang title tag, tag heading dang meta description pada blogger
      Halaman heading
      Jadi dengan mengoptimalkan 3 point diatas, blog anda akan menjadi lebih SEO friendly dan di sukai google. Jika anda benar dalam penerapanya,  bisa saja blog anda menduduki rangking pertama mesin pencari google. Namun ini hanyalah dasarnya, masih banyak yang harus anda lakukan untuk membuat blog anda menjadi SEO friendly.


      Hanya ini yang bisa saya bagikan semoga tentang title tag. meta description dan tag heading semoga menambah pengetahuan  anda semua. 

      No comments :

      Post a Comment