Tempat tutorial blogging pemula,

Friday, May 13, 2016

Cara Mudah Menganti Permalink Blogspot

No comments :
Kali ini saya akan posting tentang cara mengubah permalink atau link URL sebuah posting dengan mudah. Ketika anda membaca tutorial saya tentang link permanen ini adalah untuk memberitahu anda dalam menggunakan permalik kostum, agar url artikel anda lebih SEO friendly. Permalink di blogspot mencantumkan tahun, bulan, lalu setelahnya adalah judul posting. Kita bisa mengeditnya, saat kita membuat posting dan akan mempublikasikan posting blog kita. Karena kalau sudah dipublikasikan tidak akan bisa dirubah, maka dari itu harus berhati-hati. Ini berbeda dengan worpress, kita bisa mengedit sesudah maupun sebelum meluncurkan posting artikel ke publik dengan sangat mudah, tidak seperti blogspot harus sebelum mempublish artikel.

Apa permalink?

Permalink adalah link atau tautan permanen kependekan dari "permanent kink". Permalink akan muncul di mesin pencarian google maupun bing dengan kata kunci tertentu yang mengarah kepada halaman blog kita. Sehingga permalink sangat penting untuk optimasi SEO.
Contoh Permalink Otomatis:
http://rohenk11.blogspot.com/2016/05/cara-melakukan-penyorotan-data-pada.html
Nah, link otomatis di atas kurang SEO karena, hanya mencantumkan sebagian judul saja. Maka kita rubah ke dalam permalink custom agar lebih optimal lagi seperti dibawah ini.
Contoh Permalink Costum:
http://rohenk11.blogspot.com/2016/05/cara-melakukan-penyorotan-data-pada-webmaster.html
Anda lihat perbedaan contoh tulisan yang di cetak tebal beda bukan. Untuk yang mau merubahnya ikuti terus tutorialnya.

Cara edit permalink di blogger

Setiap kali anda posting, blogger posting secara otomatis menghasilkan URL postingan blog. Jika anda ingin mengubahnya dengan cara langkah di bawah ini. 
  • Pergi ke Dasbhoard>>Pos>>Cari postingan yang mau di rubah URLnya>>Edit>>Revert to draft.
  • Nah anda telah mengembalikan postingan ke dalam draft.
  • Lalu anda lihat bar sebelah kanan klik Tautan permanen>>Tautan Permanen Khusus.
    Cara mudah menganti permalink pada blogspot
    Tautan permanen
  • Edit sesuai keinginan anda.
  • Kemudian publikasikan kembali.
Tenang saja meskipun di post kembali, tidak akan menjadi posting baru lagi karena tahun sama bulannya tetap sama kayak pertama kali post tersebut dipublikkan. Setelah itu anda pergi ke https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url lalu submit artikel yang anda rubah tadi.
Sekian dulu semoga bermanfaat bagi anda semua.

Baca: cara melakukan optimasi seo offpage blog

No comments :

Post a Comment